Kelas Menulis Buku, Hidupkan Imajinasimu

Post a Comment

 



Kelas Menulis Buku bersama Indscript Creative Hidupkan Imajinasimu
Buku antologi "Senyuman di balik Air Mata"


3 September 2024,

Launching buku antologi batch 33 Senyum di Balik Air Mata dan batch 34 Pesan untuk Anakku vol 1 diselenggarakan. Buku antologi yang diterbitkan oleh Indscript Creative ini masih rangkaian menulis antologi yang ditawarkan pada siapa saja tanpa terkecuali.

Acara peluncuran yang diselenggarakan secara virtual melalui Zoom ini menjadi momen istimewa bagi para kontributor yang berhasil menuangkan cerita penuh makna dalam kedua buku tersebut. Berikut adalah rundown launching buku yang cukup padat selama kurang lebih satu jam.


Indscript Creative: Pionir dalam Dunia Penulisan Antologi

Indscript Creative dikenal sebagai salah satu agen literasi terkemuka yang telah lama menjadi wadah bagi para penulis, terutama perempuan, untuk mengekspresikan ide, kisah, dan pengalaman hidup mereka. Dalam perjalanannya, Indscript tidak hanya menghadirkan berbagai pelatihan menulis, tetapi juga membuka kesempatan bagi para anggotanya untuk terlibat dalam proyek-proyek antologi yang kerap kali mengangkat tema kehidupan nyata, perjuangan, hingga inspirasi.

Kelas menulis buku ini bisa diikuti tidak hanya oleh para perempuan saja, tetapi siapa saja yang memang tertarik untuk menulis. Setiap bulannya, beberapa judul antologi akan disebar dan terbukti setiap bulannya pula, buku-buku ini terbit. 

Tidak hanya sekadar menulis, para penulis yang terlibat akan dibimbing untuk bisa melakukan penjualan atas buku karyanya. Bagaimanapun juga, founder Indscript Creative, yaitu Indari Mastuti, selalu mengingatkan bahwa penulis yang berhasil adalah mereka yang bisa menjual bukunya sendiri. 

Salah satu kelas unggulan lainnya dari Indscript Creative adalah Sekolah Perempuan. Sekolah nonformal ini adalah kelas menulis bagi perempuan dengan tugas akhir dengan minimal berhasil menulis satu naskah buku selama tiga bulan. 

Kelasnya sendiri berlangsung secara online, tetapi bisa bertatap muka bagi peserta yang berdomisili di Bandung. Tidak sedikit alumni SP, demikian Sekolah Perempuan biasa disebut berhasil menulis, bahkan menerbitkan naskahnya menjadi buku dan tidak sedikit alumninya yang produktif menulis, di berbagai media. 

Senyuman di Balik Air Mata

Senyuman di Balik Air Mata merupakan sebuah antologi yang merangkum berbagai cerita nyata tentang perjuangan hidup, pengorbanan, dan harapan. Buku ini berisi kumpulan kisah dari para penulisnya yang telah melalui berbagai cobaan hidup, tetapi tetap mampu tersenyum dan bangkit dari keterpurukan. Dalam peluncuran ini, para penulis berbagi cerita tentang bagaimana mereka menemukan kekuatan di balik setiap air mata yang jatuh.

Salah satu penulis, yang berbagi kisah dalam acara tersebut, Bapak Andrisol mengungkapkan pengalaman orang lain yang beliau sebut sebagai Ibu Sedati yang berprofesi sebagai pemulung, tetapi berhasil hidup dari perjuangannya dan kisah di balik air mata Ibu Sedati ini tercurah saat ia pergi umrah.

Buku ini bukan sekadar kumpulan cerita sedih, tetapi juga mengajarkan pembaca bahwa di balik setiap kesulitan, selalu ada alasan untuk tersenyum. Pesan utama dari buku ini adalah bahwa kekuatan sejati seorang manusia terlihat dari kemampuannya untuk bangkit dan melanjutkan hidup, meski dalam keadaan paling sulit sekalipun.

Pesan Untuk Anakku Vol 1

Pesan Untuk Anakku adalah sebuah buku yang berisi pesan dari para penulisnya kepada anak-anak mereka. Buku ini memuat ungkapan hati yang mendalam, nasihat bijak, serta harapan yang tulus untuk generasi penerus. Dalam acara peluncuran, para penulis yang menjadi kontributor buku ini berbagi alasan mereka menulis surat untuk anak-anak mereka.

Seorang penulis (Ibu Nurul Jannah) yang sudah beberapa kali mengikuti kelas menulis dalam bukunya menceritakan dengan penuh haru, bagaimana beliau menuliskan pesan bagi anaknya yang melangkah ke jenjang pernikahan. 

Buku ini penuh dengan pesan-pesan cinta yang abadi dan menyentuh hati, menjadikannya bacaan yang sangat personal dan menginspirasi. Saking banyaknya peminat yang suka dengan tema ini maka dibuat volume dua yang saat ini sudah masuk ke dalam proses pengumpulan naskah.

Peluncuran Virtual yang Dinanti

Acara peluncuran yang berlangsung di Zoom tersebut dipandu oleh Teh Indari dengan suasana yang penuh kehangatan dan rasa kekeluargaan. Beberapa penulis diberikan kesempatan untuk berbicara tentang cerita yang mereka tulis, tantangan dalam proses penulisan, serta harapan mereka terhadap karya ini. 

Para blogger yang hadir juga turut berinteraksi dalam sesi tanya jawab dan bertanya beberapa hal pada para penulis. Peluncuran yang diwarnai dengan air mata ini diakhiri dengan sesi foto bersama secara virtual, yang memperlihatkan antusiasme dan kebanggaan para penulis atas karya yang telah mereka hasilkan.

Peluncuran buku "Senyuman di Balik Air Mata" dan "Pesan Untuk Anakku" tidak hanya menjadi perayaan atas karya literasi, tetapi juga menjadi momen berharga dalam menggali makna hidup, cinta, dan perjuangan. Buku-buku ini diharapkan dapat menginspirasi para pembaca untuk terus kuat dalam menghadapi tantangan hidup dan menghargai setiap momen bersama orang tercinta.

Bagi siapa saja yang ingin terlibat dengan karya-karya antologi seperti di atas, bisa mengikuti kelas yang diselenggarakan oleh Indscript Creative dan bisa dipastikan pasti terbit! Jadi, tidak ada alasan untuk kamu menunda keinginan besar membagikan kisah hidupmu ke dalam tulisan di dalam sebuah buku. 

Sekadar tambahan informasi, bagi kamu yang ingin meminang kedua buku ini, sudah bisa mendapatkannya di marketplace Shopee atau langsung kontak salah satu penulisnya kalau kamu kenal.



Membeli buku mereka, artinya kamu menghargai karya mereka dan mendukung karya-karya indah lainnya untuk tercipta. 


Lita Widi H
Hey! Welcome to My Blog
Newest Older

Related Posts

Post a Comment